Saat Tren Nikah Hemat Dengan Meminjam Uang

Do You Like This? Share it for you friend. :)

 

Menyelenggarakan di Jakarta terbilang tak murah. Hal ini sudah jadi rahasia umum. Akan tetapi, bukan berarti Anda tak bisa menyelenggarakan pesta pernikahan dengan biaya hemat. Buang jauh-jauh stigma Jakarta itu serba mahal. Yang pasti, ketika Anda ingin menyelenggarakan pesta pernikahan dengan biaya murah – ada baiknya untuk tidak menyerahkan sepenuhnya ke pihak wedding organizer. Dengan begitu bahkan biaya di bawah 75 juta, Anda bisa menyelenggarakan prosesi pernikahan dengan selengkap mungkin. Mulai dari akad nikah, resepsi dan bahkan undangan yang tidak sedikit.

Apalagi di negeri tercinta ini, budaya mengundang banyak orang seperti tak bisa ditolak, ya?

Tips Hemat Biaya Pernikahan Anda

Mungkin Anda bisa mengajukan pinjaman uang untuk menutupi biaya-biaya tersebut, namun bijaklah untuk tidak sepenuhnya menggunakan utang. Sebisa mungkin, aturannya adalah KTA bank digunakan apabila ada kekurangan dana untuk membiaya pesta pernikahan. Kemudian, meski sudah pakai kredit tanpa agunan bank, tetaplah hemat biaya pernikahan Anda. Untuk pilihan Kredit Tanpa Agunan sendiri, Anda bisa memilih KTA Mandiri. Bunganya yang cukup rendah mulai dari 0,88% per bulan tentu meringankan cicilan Anda nantinya.

Nah, bagaimana tips hemat tersebut? Berikut sedikit panduan bagi Anda dan pasangan.

  1. Akad nikah

Bagi Anda dan pasangan Muslim, tak perlu malu untuk menyelenggarakan akad nikah di KUA ketimbang di hotel yang jelas butuh biaya lebih mahal. Memang ijab qabul di luar KUA hanya butuh sekitar 600 ribuan saja akan tetapi lumayan, kan, uang tersebut bisa digunakan untuk yang lain? Itu belum menyewa ruangan hotel ya. Sementara biaya pelaksanaan di KUA gratis. Jadi, pilih mana?

  1. Resepsi pernikahan

Sering kali biaya sewa gedung tidak murah, apalagi di Jakarta. Belum lagi ada charge kalau Anda menggunakan jasa dari luar untuk dekorasi, katering dan sebagainya yang bukan rekanan gedung. Solusinya? Lakukan resepsi sekaligus di KUA atau gereja. Atau jika memang ingin resepsi di gedung, pilihlah gedung-gedung pemerintah yang biasanya jauh lebih murah. Atau, Anda bisa pilih tema outdoor saja. Pilihan yang tak kalah baik adalah pesta di halaman rumah jika memang cukup luas. Baca juga : Bisakah Deposito Uang dari Hasil Pinjaman Bank?

  1. Biaya-biaya penting lainnya

Katering adalah fokus utama tamu undangan Anda. Jadi, jangan sekadar berpatokan pada harga murah saja. Pastikan katering yang Anda pesan menyajikan masakan yang benar-benar enak. Jika memang ingin memangkas biaya lagi, mengapa tidak meminta bantuan keluarga dan tetangga untuk memasak? Keunggulannya, jaminan rasa sudah pasti!

Kemudian, biaya seragam bisa Anda kurangi dengan menyewa seragam saja ketimbang menjahit satu per satu. Jika keluarga tidak keberatan, mereka bisa juga membiaya pakaian masing-masing sehingga tidak memberatkan kedua calon mempelai. Sementara itu, dokumentasi juga bisa menggunakan jasa teman Anda yang fotografer. Wah, bersyukurlah bagi Anda yang punya teman fotografer apalagi jika handal! Artikel terkait : Berapa Pinjaman yang Diperoleh Dari Bank Dengan Menjaminkan Rumah?

Pakaian pengantin juga tak jarang butuh biaya mahal. Oleh karena itu, pilihlah opsi untuk sewa saja karena toh dipakai hanya sekali. Tata rias pengantin bisa menggunakan jasa dari keluarga atau teman. Wah, lagi-lagi teman ya! Untuk undangan, tidak perlu mahal karena undangan dari Anda tidak akan disimpan oleh para tamu undangan. Souvenir pun pilihlah yang memang dapat bermanfaat namun dengan harga murah saja. Tertarik untuk membuat undangan dan souvenir sendiri? Mengapa tidak! Selain unik juga murah.

Yang pasti, sakralnya acaralah yang paling penting.

 

 

Related posts:

Do You Like This? Share it for you friend. :)